Daftar Isi

open office writer

OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).
  1. Menu File. Kalau menu ini dipilih, maka akan memunculkan Drop-Down menu yang disebut dengan sub menu, yang di antaranya: New, Open, Save, Close, Print, Exit dan sebagainya. Menu ini berhubungan dengan pengaturan dokumen, seperti misalnya membuat dokumen baru, membuka, menyimpan, dan mencetak-nya.
  2. Menu Edit. Berfungsi dalam proses peng-editan, atau perubahan tulisan. Di-dalamnya terdapat sub menu yang diantaranya: Cut, Copy, Paste, Undo, Redo, Select All, dan sebagainya, Seperti misalnya: menyalin, memindahkan dan memilih teks, atau kalimat pada dokumen.
  3. Menu View. Menu ini berfungsi untuk mengatur tampilan lembar kerja dan di dalamnya terdapat sub menu: PrintLayout, Web Layout, Toolbars, Zoom dan sebagainya. Misalnya seperti: mengubah ukuran lembar kerja, bentuk tampilan dokumen, meng-aktifkan dan me-non-aktifkan menu toolbar.
  4. Menu Insert. Berfungsi untuk menyisipkan objek tertentu ke dalam lembar kerja. Di dalamnya terdapat sub menu Manual Breaks, Row, Column, Picture, Table, Object dan sebagainya.
  5. Menu Format. Berfungsi untuk mengatur format dari lembar kerja seperti format teks, lebar baris dan kolom, ukuran kertas, paragraf, perataan teks dan sebagainya.
  6. Menu Table. Berfungsi untuk membuat, mengatur dan menyunting tabel.
  7. Menu Tools. Berfungsi untuk mengubah dan mengatur berbagai macam aturan pada lembar kerja, seperti bahasa, pemeriksaan ejaan, jumlah kata, mail merge, dan sebagainya.
  8. Menu Window. Berisi menu-menu yang digunakan untuk mengatur dan memilih jendela kerja aplikasi OpenOffice.org Writer yang aktif.
  9. Menu Help. Adalah menu bantuan yang berisi fasilitas petunjuk bantuan penggunaan OpenOffice.org Writer.

Pembaca yang baik pasti SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar